https://journal-center.litpam.com/index.php/dpe/issue/feed Discourse of Physical Education 2022-03-30T06:52:11+00:00 Dr. Johan Irmansyah johanirmansyah@litpam.com Open Journal Systems <p>The Discourse of Physical Education (DPE) features peer-reviewed research articles based on classroom and laboratory studies, descriptive and survey studies, summary and review articles, and discussion of current topics of interest in physical education at every level.</p> <p>DPE (ISSN. 2829-1336) is an open-access scrientific journal that published by Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM) twice a year (bianually) in February and August.</p> https://journal-center.litpam.com/index.php/dpe/article/view/604 Variasi dan Kombinasi Permainan Gerak Dasar Atletik Lompat dalam Pembelajaran PJOK Siswa Sekolah Dasar 2022-01-08T13:42:18+00:00 Eko Mukti Prabowo aremania_um@yahoo.com Edy Mintarto aremania_um@yahoo.com Nurkholis Nurkholis aremania_um@yahoo.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan variasi dan kombinasi permainan gerak dasar atletik lompat pada pembelajaran PJOK berdasarkan Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, menggunakan 1-7 langkah dari 10 langkah pengembangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Langkah-langkah dari proses ini disebut sebagai siklus Research &amp; Development. Hasil penelitian meliputi evaluasi ahli, serta uji coba kelompok kecil dan besar di mana (1) hasil evaluasi 3 ahli permainan diperoleh hasil 79,99%, sedangkan evaluasi 2 ahli pembelajaran diperoleh hasil 84,78% dengan kriteria baik; (2) hasil uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 88,74% dan untuk guru diperoleh hasil 98% dengan kriteria baik, sedangkan hasil uji coba kelompok besar diperoleh hasil 88,71% dan untuk guru diperoleh hasil 95,5% dengan kriteria baik, sehingga dapat digunakan model permainan peserta didik kelas V di Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Kesimpulan penelitian ini menekankan pada model pembelajaran atletik lompat yang sesuai dengan pendekatan tematik melalui permainan, peserta didik dapat belajar secara efektif, efisien, dan menyenangkan.</p> <p><strong><em>Variations and Combinations of Jumping Athletics Basic Motion Games in PJOK Learning in Elementary Schools</em></strong></p> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>The aim of this research is to develop variations and combinations of basic motion games in jumping athletics in PJOK learning based on the 2013 Curriculum. The type of research used in this research is development, using 1-7 steps of 10 steps of development. The data analysis technique used is a quantitative descriptive analysis technique with a percentage. The steps of this process are usually referred to as the Research &amp; Development cycle. The results of the study include expert evaluations, as well as small and large group trials wheres, (2) the results of the evaluation of 3 game experts, the results obtained 79.99%, while the evaluation of 2 learning experts obtained the results of 84.78% with a good criteria; (2) the results of small group trials, the results obtained 88.74% and for teachers the results obtained 98% with good information, while the results of large group trials obtained 88.71% results and for teachers the results obtained 95.5% with good information, so The game model for fifth grade students in Bareng District, Jombang Regency can be used. The conclusion of this study emphasizes the jumping athletic learning model that is in accordance with the thematic approach through games, students can learn effectively, efficiently, and fun.</em></p> 2022-02-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Eko Mukti Prabowo, Edy Mintarto, Nurkholis Nurkholis https://journal-center.litpam.com/index.php/dpe/article/view/606 Metode Bermain di Lingkungan Pantai Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama 2022-01-10T16:04:38+00:00 Qanet Hayatunnufus ekoppsuny@gmail.com Lalu Sapta Wijaya Kusuma ekoppsuny@gmail.com Eko Sucipto ekoppsuny@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan metode bermain di lingkungan pantai terhadap peningkatan hasil belajar lompat tinggi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Taliwang. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Taliwang yang berjumlah 22 orang. Untuk pengumpulan data diperoleh dengan mengamati dan menguji hasil belajar siswa dengan instrumen tes berupa: (1) Penilaian Afektif, (2) Penilaian Kognitif, dan (3) Penilaian Psikomotor. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pertanyaan langsung dengan taraf signifikansi 100%. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa persentase kriteria hasil belajar siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan yang baik. Siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa untuk aspek kognitif, psikomotor dan afektif adalah 73,21. Sedangkan, siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa untuk aspek kognitif, psikomotor dan afektif adalah 81,64. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa setelah penerapan metode bermain di lingkungan pantai dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Taliwang.</p> <p><strong><em>The Method of Playing in the Beach Environment as an Effort to Improve the Junior High School Students’ High Jumping Ability</em></strong></p> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>The purpose of this study was to determine the results of the implementation of the method of playing in a beach environment on improving high jump learning outcomes in class VIII B students of SMP Negeri 4 Taliwang. This research method uses Classroom Action Research. The sample in this study was class VIII B students of SMP Negeri 4 Taliwang, totaling 22 people. For data collection, it was obtained by observing and testing student learning outcomes with test instruments in the form of: (1) Affective Assessment, (2) Cognitive Assessment, and (3) Psychomotor Assessment. While the data analysis technique used direct questions with a significant level of 100%. The results of the study revealed that the percentage of student learning outcomes criteria in each cycle experienced a good increase. Cycle 1 the average student learning outcomes for cognitive, psychomotor and affective aspects is 73.21 while cycle 2 the average student learning outcomes for cognitive, psychomotor and affective aspects is 81.64. The conclusion of this study shows that after the application of the method of playing in a beach environment can improve high jump learning outcomes in class VIII B students of SMP Negeri 4 Taliwang.</em></p> 2022-02-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Qanet Hayatunnufus, Lalu Sapta Wijaya Kusuma, Eko Sucipto https://journal-center.litpam.com/index.php/dpe/article/view/607 Peningkatan Hasil Belajar Lari Sprint 30 Meter Melalui Modifikasi Permainan "Bentengan" di Sekolah Dasar 2022-03-30T06:52:11+00:00 Fasisal Asrori nunewire90@gmail.com Adi Suriatno adisuriatno@gmail.com Nune Wire Panji Sakti nunewire90@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint 30 meter melalui modifikasi permainan bentengan. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Madrassah Ibtidaiyah At-Tahzib Desa Kekait, yang berjumlah 20 orang berjenis kelamin laki-laki 12 orang dan berjenis kelamin perempuan 8 orang. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan lari sprint 30 meter dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan menggunakan teknik prosentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Kondisi awal sebelum dilakukan PTK, siswa yang tuntas belajar lari sprint 30 meter hanya 5 siswa, meningkat menjadi 14 siswa pada siklus I (ketuntasan= 65%), dan meningkat kembali meningkat menjadi 19 siswa pada siklus II (ketuntasan= 95%). Modifikasi permainan bentengan memberi kontribusi yang signifikat terhadap peningkatan hasil lari sprint 30 meter. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa modifikasi permainan bentengan dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint 30 meter pada siswa kelas IV Madrassah Ibtidaiyah At-Tahzib Desa Kekait.</p> <p><strong><em>Improving Learning Outcomes of 30 Meter Sprint Running Through Modification of the Game "Bentengan” in Elementary Schools</em></strong></p> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>This study aims to determine the increase in learning outcomes for the 30 meter sprint through the modification of the game "Bentengan". This research method uses Classroom Action Research. This research was conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, implementing actions, observing, and reflecting. The research subjects were fourth grade students of Madrassah Ibtidaiyah At-Tahzib, Kekait Village, which consisted of 20 students, 12 male and 8 female. The data collection technique was through a 30 meter sprint sprint ability test and observation of the learning activity process. Data validity using triangulation technique. Data analysis used descriptive techniques using percentage techniques to see trends that occurred in learning activities. The initial condition was that before the action research was carried out, only 5 students had completed learning to run the 30 meter sprint. In the first cycle increased to 14 students. Cycle II increased to 19 students. The game modification "Bentengan" made a significant contribution to the improvement of the 30-meter sprint result. The conclusions of this study indicate that the modification of the game "Bentengan" can improve the learning outcomes of the 30-meter sprint in fourth grade students of Madrassah Ibtidaiyah At-Tahzib Kekait Village. The achievement of completeness in learning the 30 meter sprint from the initial condition to the first cycle is 40%. From the first cycle to the second cycle by 30%. The improvement in overall learning outcomes from the initial conditions to the second cycle is 70%.</em></p> 2022-02-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Fasisal Asrori, Lalu Sapta Wijaya Kusuma, Nune Wire Panji Sakti https://journal-center.litpam.com/index.php/dpe/article/view/608 Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Dasar Inklusif 2022-01-11T13:37:57+00:00 Baiq Amalia Fridayati mridwanlubis@undikma.ac.id Muhammad Ridwan Lubis mridwanlubis@undikma.ac.id Erna Fitriatun mridwanlubis@undikma.ac.id Rusdiana Yusuf rusdianayusuf85@gmail.com <p>Guru memiliki strategi tersendiri sehingga belum ada persamaan persepsi tentang strategi pembelajaran pendidikan jasmani adaptif bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi strategi pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusif SDN 20 Mataram. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani di SDN 20 Mataram yang berjumlah 1 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SDN 20 Mataram terlaksana dengan baik dengan tercapainya tujuan pendidikan jasmani adaptif yaitu agar anak berkebutuhan khusus dapat beradaptasi dengan lingkungannya. (2) Pendidikan jasmani adaptif sama dengan pendidikan jasmani biasa, namun pada pelaksanannya untuk anak berkebutuhan khusus diberikan modifikasi dan strategi pembelajaran pendidikan jasmani adaptif yang diterapkan dengan 3 teknik, yaitu teknik modifikasi pembelajaran, lingkungan, dan aktivitas belajar.</p> 2022-02-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Baiq Amalia Fridayati, Muhammad Ridwan Lubis, Erna Fitriatun, Rusdiana Yusuf https://journal-center.litpam.com/index.php/dpe/article/view/609 Peningkatan Keterampilan Guru Pendidikan Jasmani dalam Menutup Pembelajaran melalui Tindakan Pendampingan 2022-01-11T13:44:23+00:00 Nurmasyitah Nurmasyitah syitah_syanaf@yahoo.co.id Suroto Suroto syitah_syanaf@yahoo.co.id Nanik Indahwati syitah_syanaf@yahoo.co.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tindakan pendampingan yang mampu meningkatkan keterampilan mengajar terutama pada aspek menutup pembelajaran guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo setelah mendapatkan pendampingan. Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Tindakan dalam penelitian ini adalah pemberian tayangan video keterampilan menutup pembelajaran, berdiskusi dengan guru pendidikan jasmani dan melakukan pendampingan perekaman, dan diskusi dilapangan. Subjek dari penelitian ini adalah 5 guru pendidikan jasmani SDN di Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Hasil dari penelitian yang diperoleh dari nilai keterampilan menutup pembelajaran yaitu: Untuk SDN Geluran I sebelumnya mendapatkan nilai 0 menjadi 4. SDN Geluran II sebelumnya mendapatkan nilai 0 menjadi 3. SDN Geluran III sebelumnya mendapatkan nilai 0 menjadi 5. SDN Trosobo II sebelumnya mendapat nilai 0 menjadi 4. SDN Sidodadi II sebelumnya mendapat 2 menjadi 5. Simpulan dalam penelitian ini setelah dilakukan tindakan pendampingan pemberian tayangan video pembelajaran, berdiskusi tentang keterampilan mengajar pada aspek menutup pembelajaran, melakukan perekaman dan melakukan diskusi dilapangan. Dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru pendidikan jasmani pada aspek menutup pembelajaran.</p> 2022-02-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Nurmasyitah Nurmasyitah, Suroto Suroto, Nanik Indahwati