Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Pembelajaran Saintifik Berdasarkan Pembelajaran Matematika

Authors

  • Sri Yuliyanti Universitas Pendidikan Mandalika
  • Eliska Juliangkary Universitas Pendidikan Mandalika
  • Syahrir Syahrir Universitas Pendidikan Mandalika

Keywords:

Pengembangan, Bahan ajar, Saintifik

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu faktor penting dalam keefektifan sebuah pembelajaran terlebih ditingkat Perguruan Tinggi. Kurangnya bahan ajar tentunya dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran atau perkuliahan. Bahan ajar yang relevan sangat dibutuhkan untuk dapat mendukung tercapainya tujuan yang pembelajaran yang diinginkan. Matakuliah Pembelajaran Saintifik bertujuan agar mahasiswa memahami konsep dasar pembelajaran saintifik dan aplikasinya dalam pengembangan pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, pengembangan bahan ajar Pembelajaran Saintifik agar lebih khusus pada pembelajaran matematika,sangat diperlukan sehingga mahasiswa lebih memahaminya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan berdasarkan langkah-langkah penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang gunakan penelitian bertujuan untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk menilai produk berupa: (1) lembar validasi produk (2) lembar evaluasi bahan ajar (3) angket pendapat mahasiswa (4) wawancara mahasiswa. Hasilnya yaitu (a). Tahap Analysis: dilakukan tiga macam analisis, yaitu analisis kebutuhan, analisis materi, dan analisis kurikulum. (b) Tahap Design:melakukan  perancangan bahan ajar. (c) Tahap Development: divalidasi oleh validator (Materi dan Media) hasilnya oleh ahli media sebesar 87,6% dan ahli media sebesar 88% menyatakan bahwa modul yang telah dikembangkan layak diuji coba. (d) Tahap Implementation: diuji cobakan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNDIKMA semester empat yang berjumlah 34 orang mahasiswa. (e) Tahap Evaluation: persentasenya adalah 84% termasuk dalam kategori Sangat baik, hasil respon masiswa terhadap bahan ajar diperoleh rata-rata yaitu 85%.

References

Adnan, Latif. 2009. http://sastra.um.ac.id/wpcontent/uploads/2009/09/Pengemb.pdf, diakses pada tanggal 10 April 2020)

Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Hidayah, N., Latifah, S., & Adha, M. P. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika dengan Pendekatan Saintifik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Bandar Lampung. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1, pp. 221-228).

Kemendikbud.2013.Pendekatan Scientifik (ilmiah) dalam pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodi

Machin, A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan (PA Indonesia) (Online). (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii, diakses pada tanggal 10 September 2017)

Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2012. Penilaian Buku Teks Pelajaran. (Diunduh 26 April 2020).

Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:Diva Press

Sahertian, P. A. (2000). Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Issue

Section

Articles