Pelatihan Seni Grafis Menggunakan Teknik Cukil Guna Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa di Palembang
DOI:
https://doi.org/10.36312/linov.v8i4.1521Keywords:
Keterampilan, Seni Grafis, Teknik CukliAbstract
Pendidikan seni rupa dan desain juga merupakan bagian dari ilmu yang mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kelangsungan hidup manusia. Pada hakikatnya pembelajaran seni rupa lebih ditekankan pada pembentukan skill yaitu dapat menghasilkan sebuah produk atau karya seni. Maka dari itu penulis beserta tim pengabdian mencoba untuk memberikan pelatihan seni grafis dengan menggunakan teknik cukil kepada mahasiswa di Kota Palembang. Adapun tujuan dari kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu upaya perwujudan untuk meningkatkan keterampilan bagi mahasiswa agar dapat menjadi generasi yang memiliki ilmu dan keterampilan serta memiliki peran untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. Pelatihan seni grafis menggunakan teknik cukil melibatkan sebuah sanggar seni bernama Bekucak Artwork Painting Palembang sebagai mitra yang sudah banyak membantu untuk menyediakan bahan dan alat untuk keperluan praktek pada pelatihan, serta turut mengidentifikasi calon peserta yang akan ikut dalam pelatihan tersebut. Adapun metode yang digunakan pada kegiatan pelatihan ini adalah Sosialisasi, demonstrasi, praktikum, bimbingan dan metode evaluasi. Adapun hasil dari pelatihan ini memberikan pengetahuan serta pengalaman terhadap semua peserta, diantaranya adalah pengetahuan terkait bahan dan alat yang digunakan dan penerapan teknik dengan mempraktekannya secara langsung. Mulai dari pembuatan sketsa, memindahkan sketsa pada media cetakan hardboard, proses pencukilan pada media hardboard, dan yang terkahir yaitu proses mencetak pada media kertas dengan menentukan jumlah atau banyaknya edisi yang akan dicetak. Pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh mahasiswa di Palembang selama pelatihan seni grafis, tentunya menjadi modal berharga untuk membuka usaha mandiri di bidang industri kreatif.
Graphic Arts Training Using Cutting Techniques to Improve Student Skills in Palembang
Fine arts and design education is also a part of science that has enormous benefits for human survival. In essence, fine arts learning places more emphasis on skill formation, namely being able to produce a product or work of art. Therefore, the author and the service team are trying to provide graphic arts training using the gouge technique to students in the city of Palembang. The aim of this training activity is one of the efforts to improve students' skills so that they can become a generation that has knowledge and skills and has a role in improving the welfare of society. Graphic arts training using the gouge technique involves an art studio called Bekucak Artwork Painting Palembang as a partner who has helped a lot in providing materials and tools for practical purposes in the training, as well as identifying potential participants who will take part in the training. The methods used in this training activity are socialization, demonstration, practicum, guidance and evaluation methods. The results of this training provide knowledge and experience for all participants, including knowledge regarding the materials and tools used and the application of techniques by practicing them directly. Starting from making a sketch, transferring the sketch to hardboard printing media, the cutting process on hardboard media, and finally the process of printing on paper media by determining the number or number of editions to be printed. The knowledge and experience gained by students in Palembang during graphic arts training is of course valuable capital to open an independent business in the creative industry.
Downloads
References
Husni, H. M., Iswandi, H., & Halim, B. (2022). Pelatihan Industri Kreatif Melalui Sablon Manual Bagi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Uinversitas Indo Global Mandiri Palembang. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 517–527. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.942
Iswandi, H. (2017). Perkembangan Seni Grafis Di Palembang Kontinuitas Dan Perubahannya. Besaung?: Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 2(2). https://doi.org/10.36982/jsdb.v2i1.276
Iswandi, H. (2022). Telaah Minimnya Apresiasi Pada Karya Seni Grafis Di Sumatera Khususnya Di Kota Palembang. Besaung?: Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 7(1), 44–51. https://doi.org/10.36982/jsdb.v7i1.2581
Luzar, L. C. (2011). Karya Seni Grafis yang Menarik dan Kreatif melalui Teknik Cukil. Humaniora, 2(1), 300. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i1.3007
Mataran, S. dan, & Adi, S. P. (n.d.). Ukiyo-E?: Seni Cetak Cukil Kayu. 65–69.
Maiti, & Bidinger. (1981). Layanan Vokasional. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Praswoto, Andi. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Cet.2. Jakarta: Kencana.
Ramadhan, M. S. (2018). Penerapan Metode Reduksi pada Penciptaan Karya Seni Grafis Cetak Tinggi Cukil Kayu Chiaroscuro. Jurnal Rupa, 3(1), 1. https://doi.org/10.25124/rupa.v3i1.1330
Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura?: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Sabana, Setiawan. (2007). “Perkembangan Seni Grafis di Indonesia”, Jakarta : Harian Kompas.
Sari, N., & Amri, A. (2018). Peran sumber daya manusia (SDM) dalam perkembangan perbankan syariah: sebuah analisis kualitas dan kinerja pegawai. Ijtihad?: Jurnal Wacana Hukum Islam Dan Kemanusiaan, 18(2), 227. https://doi.org/10.18326/ijtihad.v18i2.227-249
Siregar, Aminuddin TH. (2012). “Pembicaraan Tentang Seni Grafis”, dalam Seni Rupa Indonesia Dalam Kritik dan Esai. Jakarta: Dewan Kesenian Jakarta.
Suseno, B. A. (2014). Eksistensi Seni Grafis Monoprint dalam Kesenirupaan Yogyakarta. Journal of Urban Society’s Arts, 1(2), 110–120. https://doi.org/10.24821/jousa.v1i2.792.
Tinarbuko, Sumbo. 2015. Dekave: Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta : Penerbit : CAPS.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Heri Iswandi, Husni Mubarat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.