Pengembangan Video Pembelajaran 2D untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa

Authors

  • Muh. Hendra Universitas pendidikan Mandalika
  • Habibi Habibi Universitas Pendidikan Mandalika
  • Baiq Azmi Sukroyanti Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.36312/ej.v4i2.1313

Keywords:

Pengembangan, Video Pembelajaran 2D, Pemahaman Konsep.

Abstract

Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk video pembelajaran 2D untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil dalam penelitian ini berupa produk video pembelajaran berbasis 2D yang mengacu pada kurikulum merdeka belajar. Hasil validasi ahli terhadap materi dan desain pada video pembelajaran berbasis 2D dengan nilai rata-rata persentase dari keseluruhan validator yaitu 84% dengan kriteria (Sangat layak) dan dapat digunakan sebagai bahan atau media pembelajaran. Selain itu berdasarkan hasil analisis data skala pemahaman konsep belajar akademik terhadap peningkatan pemahaman konsep belajar siswa menggunakan video pembelajaran ini juga memiliki persentase kelayakan yaitu 82% dengan kriteria (sangat Termotivasi) dan hasil analisis dari tes soal uraian bedasrkan perhitungan skor N-Gain dari hasil Pretest-postest yang telah di berikan memiliki persentase interprestasi sebesar 0,39 dengan kriteria (sedang) artinya efektivitas video pembelajaran 2D dalam meningkatkan pemahamn konsep fisika siswa dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran 2D mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa.

2D Learning Video Development for Improve Student's Understanding of Physics Concepts

Abstract

The purpose of this development is to produce 2D learning video products to improve students' understanding of physics concepts. The development model used in this development research is ADDIE, where the ADDIE model consists of 5 development stages, namely the analysis, design, development, implementation and evaluation stages. The results of this study are a 2D-based learning video product that refers to the independent learning curriculum. The results of expert validation of material and design in 2D-based learning videos with an average percentage value of all validators, namely 84% with the criteria (Very feasible) and can be used as learning materials or media. In addition, based on the results of data analysis on the scale of understanding academic learning concepts towards increasing students' understanding of learning concepts using this learning video, it also has an eligibility percentage of 82% with the criteria (highly motivated) and the results of the analysis of the essay test are based on the calculation of the N-Gain score from the Pretest results -The posttest that has been given has an interpretation percentage of 0.39 with the criterion (moderate) meaning that the effectiveness of 2D learning videos in increasing students' understanding of physics concepts can be concluded that 2D learning videos are able to improve students' understanding of concepts.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Becker, S., Klein, P., Gößling, A., & Kuhn, J. (2020). Investigating dynamic visualizations of multiple representations using mobile video analysis in physics lessons: effects on emotion, cognitive load and conceptual understanding. Zeitschrift für Didaktik der Naturwissenschaften, 26(1), 123-142.

Benny, D. (2017), Media & Teknologi Dalam Pembelajaran, Jakarta: Kencana. Branch (2009), Intructional Design: The ADDIE Approach, USA: Springer.

Cahyadi, R.A.H. (2019), Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model, Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto (2013), Media Pembelajaran Manual Dan Digital Edisi Kedua, Bogor: Ghalia Indonesia.

Cheung, L. (2016). Using the ADDIE model of instructional design to teach chest radiograph interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016, 1-6.

Daryanto (2016), Media Pembelajaran?: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, A.T. and Jambi, F.U. (2018), Artikel Ilmiah Pengembangan Media Animasi 3 Dimensi Pada Pembelajaran Ipa Berbasis Aplikasi Muvizu Pada Sifat-Sifat Benda Universitas Jambi, , 1–13.

Dwijayani, N. M. (2019, October). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1321, No. 2, p. 022099). IOP Publishing.

Dolmans, D. H., Loyens, S. M., Marcq, H., & Gijbels, D. (2016). Deep and surface learning in problem-based learning: a review of the literature. Advances in health sciences education, 21, 1087-1112.

Erdawati Nurdin (2019), Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK, Jurnal Riset Pendidikan Matematika 6, No. 1.

Hartariani, L.L., Damayanthi, L.P.E., Wirawan, I.M.A. and Sunarya, I.M.G. (2016), Pengembangan Media Pembelajaran 3 Dimensi Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Penyandang Tunagrahita (Studi Kasus: Siswa Kelas D2/Semester 2 SLB C Negeri Singaraja), Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 137–147.

Hutchinson, M. S., & Gadepally, V. N. (2021). Video action understanding. IEEE Access, 9, 134611-134637.

Kaput, K. (2018). Evidence for Student-Centered Learning. Education evolving.

Mega, V.S. (2021), Pengembangan Media Video Animasi 2D Materi Kubus Dan Balok Kelas V Sekolah Dasar, Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 10–28.

Narimawati, U. (2020), Ragam Analisis Dalam Metode Penelitian?: Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, Dan Disertasi, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nukhira (2017), Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Flow Chart Dan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas VIII SMP Negeri 4 Bontoramba Kab. Jenepoto, .

Nurkholis (2013), Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto, , 1(1), 24– 44.

Oktaviani, R.T. (2019), Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Dan Pelatihan ( Diklat ), MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 91–94Accessed from

Rashidi, H., & Shams, L. (2016). Factors affecting the Increase and Decrease student.

Rusdi, M. (2018), Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan, Depok: Rajawali Pers.

Setyorini, P. (2010), Pengembangan Media Pembelajaran, Jakarta: Pengembangan Media Pembelajaran.

Tafonao, T. (2018), Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa, Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.

Tambak, S., Sukenti, D., Hanafi, Y., Rianawati, R., & Amril, A. (2022). How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?. Journal of Education Research and Evaluation, 6(2), 358-366.

Sahronih, S., Purwanto, A., & Sumantri, M. S. (2019, March). The effect of interactive learning media on students' science learning outcomes. In Proceedings of the 2019 7th International Conference on Information and Education Technology (pp. 20-24).

Sahronih, S., Purwanto, A., & Sumantri, M. S. (2020). The effect of use interactive learning media environment-based and learning motivation on science learning outcomes. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(3), 1-5.

Schneider, S., Beege, M., Nebel, S., & Rey, G. D. (2018). A meta-analysis of how signaling affects learning with media. Educational Research Review, 23, 1-24.

Sikubwabo, C., Muhirwa, A., & Ntawiha, P. (2020). An investigation of institutional factors influencing the decrease of student enrollments in selected private Higher Learning Institutions in Rwanda. European Journal of Education Studies, 7(9).

Sugiono (2014), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D,

Sugiyono (2018), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, . Suharsimi Arikunto (2010), Prosedur Penelitian?: Suatu Pendekatan Praktik,

Suryani, N., Sutimin, L. A., Abidin, N. F., & Akmal, A. (2021). The Effect of Digital Learning Material on Students' Social Skills in Social Studies Learning. International Journal of Instruction, 14(3), 417-432.

Sutrisno, S., Pratama, A. and Damar Rani, H.A. (2020), Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi Dan 3 Dimensi Siswa Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Tonjong, Joined Journal (Journal of Informatics Education), 2(2), 1.

S. Sadiman, Arief, (2009). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: Rajawali Pres.

Weber, J., & Wilhelm, T. (2021, August). Conceptual understanding of Newtonian dynamics in a comparative study of computational modeling and video motion analysis. In Proceedings of the Physics Education Research Conference (PERC (pp. 444-449).

Wu, J., Lu, E., Kohli, P., Freeman, B., & Tenenbaum, J. (2017). Learning to see physics via visual de-animation. Advances in Neural Information Processing Systems, 30.

Xu, W., Dai, T. T., Shen, Z. Y., & Yao, Y. J. (2023). Effects of technology application on museum learning: a meta-analysis of 42 studies published between 2011 and 2021. Interactive Learning Environments, 31(7), 4589-4604.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Hendra, M., Habibi, H., & Sukroyanti, B. A. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran 2D untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Empiricism Journal, 4(2), 526–534. https://doi.org/10.36312/ej.v4i2.1313

Issue

Section

Articles