Mengakomodasi Kreativitas Anak Usia Dini (AUD) Bermediasi Buku Tiga Dimensi

Authors

  • Ahlulfatrah Abdurrahman Batjo Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Kostradinov Rizky Pratama Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Nur Safirah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Asy'ari Asy'ari Prodi S1 Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i4.1488

Keywords:

Anak Susia Dini, Kreatif, buku tiga dimensi

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan peningkatan kualitas pendidikan yang baik untuk anak usia dini. Program untuk mengakomodasi kemampuan kreatif anak usia dini dengan buku tiga dimensi menjadi salah satu solusi untuk mitra TK Aisyiah Bustanul Atfhal 5 yang kurang memiliki media pembelajaran berkenaan dengan tiga dimensi. Langkah-langkah kegiatan terdiri dari persiapan program, perencanaan kegiatan pembelajaran dan menyiapakan media buku tiga dimensi, implementasi program, dan evaluasi program. Keterlaksanaannya kegiatan terdiri dari 5 pertemuan dengan hasil menggunakan buku tiga dimensi memberikan suasana belajar yang menyenangkan. Sesuai dengan selisih skor antara kempuan kreatif siswa sebelum dan sesudah pembelajaran melalui penghitungan dari 63.4783 - 84.3043 = 20,826. Melalalui dari kolom t besarnya skor yaitu 17,3 dengan nilai signifansi 0,00. Sesuai dengan analisis data bahwa koefisien 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05) maka dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan secara signifikan tingkat kreativitas siswa antara sebelum dan sesudah pembelajaran dilakukan.

Accommodating the Creativity of Early Childhood (AUD) through Three-Dimensional Books

improving the quality of good education for early childhood. The program to accommodate the creative abilities of young children with three-dimensional books is one solution for Aisyiah Bustanul Atfhal 5 Kindergarten partners who lack three-dimensional learning media. The activity steps consist of program preparation, planning learning activities and preparing three-dimensional book media, program implementation, and program evaluation. The implementation of the activity consisted of 5 meetings with the results of using three-dimensional books providing a pleasant learning atmosphere. In accordance with the difference in scores between students' creative abilities before and after learning through calculations from 63.4783 - 84.3043 = 20.826. From column t, the score is 17.3 with a significance value of 0.00. In accordance with the data analysis that the coefficient of 0.00 is smaller than 0.05 (0.00 < 0.05), it can be stated that there is a significant difference in the level of student creativity between before and after learning is carried out.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifulloh, M., & Sulistiono, M. (2023). Penguatan Literasi Digital melalui Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual. Wikrama Parahita?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 211–216. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i2.5346

Asy’ari, A., Dian Qonita, & Hefi Rusnita Dewi. (2021). Kelas Elite (Environmental Literacy) Anak Binaan Melalui Kegiatan Pembelajaran di Taman Baca Alam (TBA) Desa Sambogunung. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(3), 119–128. https://doi.org/10.36312/sasambo.v3i3.505

Bunce, L., & Woolley, J. D. (2021). Fantasy orientation and creativity in childhood: A closer look. Cognitive Development, 57(November 2020), 100979. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2020.100979

Fathiya Nur Rahmi, Sri Wijayanti, Suci Marini Novianty, I. P. T. U. (2023). Edukasi Pola Komunikasi Keluarga Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 171–182.

Hamzah, A. (2022). Pelatihan Power Point Sebagai Bahan Ajar Berbasis Game Sederhana Bagi Anggota Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) Kota Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi, 2(3), 90–96. https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v2i3.215

Julianti, U., Tamariska, T., Anna, T., Astuti, R., Wijaya, I. S., Maulana, I., Gumelar, R. P., Indonesia, S. S., Sastra, F., Pamulang, U., Sastra, K., & Kreatif, I. (2023). Pelatihan Keterampilan Menulis Puisi Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Dan Ide Kreatif Anak-Anak Yayasan Pondok Sruni. Abdi Laksana?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 528–538.

Juniasti, R., Tobing, F., & Siregar, E. (2023). Edukasi Penerapan Digitalisasi Ekonomi dalam upaya Meningkatkan Produktivitas UMKM di Wilayah Kelurahan Cawang Jakarta Timur pada masa Setelah Pandemi Covid-19. Jurnal Comunità Servizio, 5(2), 1452–1462.

Manullang, J. G., & Wardiah, D. (2023). Akselerasi Kenaikan Pangkat Melalui Workhsop Penyusunan Proposal PTK Bagi Guru PJOK SD/SMP/SMA Kabupaten Lahat. Wahana Dedikasi: Jurnal PKM Ilmu Kependidikan, 6(1), 241–247.

Maria, D. sinta. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Canva Bagi Guru Sekolah Dasar. Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian (KNPP) Ke-3, 6(1), 2135–2146.

Maskhur Dwi. (2022). Poster Sebagai Media Pembelajaran Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Di Smk Hutama Bekasi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Batasa?: Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 1(20), 14–20. https://www.journal.unindra.ac.id/index.php/batasa/article/view/1189

Mochamad Surya, C., Soraya Athiroh, W., & Rakeyan Santang, S. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Finger Painting. Jurnal Bakti Tahsinia (JBT), 1(1), 9–14.

Narsih, D. (2022). Bimbingan Belajar Gratis Untuk Siswa Tidak Mampusebagai Usaha Peningkatan Hard Skill Masyarakat Di Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Batasa?: Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 1(20), 14–20. https://www.journal.unindra.ac.id/index.php/batasa/article/view/1189

Pahanael, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Puzzle Stick Bar Tiga Dimensi di TK B2 Kristen 1 Satya Wacana. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 145–152.

Pangaribuan, R. (2023). Pelatihan Penanganan Cedera Ringan Bagi Siswa Kelas Ix Di Smp Nur Cahaya Medan. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(4), 972–978.

Piotrowski, J. T., & Meester, L. (2018). Can apps support creativity in middle childhood? Computers in Human Behavior, 85, 23–33. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.03.030

Purnama, N., & Utami, N. W. (2023). Pendampingan Pelatihan Sistem Pencatatan Inventaris Berbasis Android dan Website Pada SDN 1 Tumbakbayuh, Kabupaten Badung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat …, 03(01), 16–22. https://www.jurnal.radisi.or.id/index.php/PKMRADISI/article/view/312%0Ahttps://www.jurnal.radisi.or.id/index.php/PKMRADISI/article/download/312/151

Rusi, I., Sari, R. P., Arman, Y., Suhery, C., Noviani, E., & Rusmiyanto, E. (2023). Pemanfaatan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Karya Tulis Ilmiah Guru. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 06(04), 434–443.

Saggar, M., Xie, H., Beaty, R. E., Stankov, A. D., Schreier, M., & Reiss, A. L. (2019). Creativity slumps and bumps: Examining the neurobehavioral basis of creativity development during middle childhood. NeuroImage, 196, 94–101. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2019.03.080

Sarasehan, Y., Buaraheng, S., & Wahyuni, I. W. (2020). Pengembangan Seni Rupa Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Media Playdough. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 28. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.13557

Setiawaty, R., Khanzunnudin, M., Fathurohman, I., Darmuki, A., & Haryadi, A. (2023). Pelatihan Dasar Bermain Seni Peran Monolog Bagi Siswa di MAN 1 Rembang. Jurnal Solma, 12(2), 367–375.

Suharti, P., Daesusi, R., Abidin, R., & Asy’ari, A. (2020). PKM Rumah Baca Kreatif Berbasis E-Learning Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi Anak Binaan SD Muhammadiyah 09 Bahari Surabaya. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(2), 40–48. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i2.187

Susiawati. (2023). Sosialisasi peran Generasi Millenial dalam Perencanaan Keuangan yang Efektif dan Efisien di Era New Normal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(3), 199–203.

Wahono, A. (2023). Transformasi Digital Kampung UMKM ( Usaha Mikro , Kecil dan Menengah ) Kreatif Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. SOCIETY (SOCIETY Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 156–164.

Washadi. (2023). MAJALAH DIGITAL DI TAMAN BACA PEKAN KARYA ( PEKA ) PAMULANG. Abdi Laksana?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 508–517.

Yates, E., & Twigg, E. (2017). Developing creativity in early childhood studies students. Thinking Skills and Creativity, 23, 42–57. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.11.001

Yusuf, F. (2023). PKM Membentuk Karakter Di Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Jiwa Kepramukaan Unutk Generasi Unggul. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(4), 855–864.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Batjo, A. A., Pratama, K. R., Safirah, N., & Asy’ari, A. (2023). Mengakomodasi Kreativitas Anak Usia Dini (AUD) Bermediasi Buku Tiga Dimensi . Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(4), 620–632. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i4.1488

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.