Pelatihan Pembelajaran Daring yang Interaktif dan Menyenangkan di Perguruan Islam Miftahul Husna

Authors

  • Siti Fatimah Sihotang Universitas Potensi Utama
  • Zuhri Zuhri STIM Sukma, Medan

DOI:

https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i1.630

Keywords:

Pembelajaran Daring, Interaktif, Menyenangkan, Google Classroom

Abstract

Pandemi Covid 19 mengharuskan lembaga-lembaga pendidikan dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi di Indonesia merubah pola mengajar dari luring ke daring. Proses pembelajaran daring juga digunakan di sekolah-sekolah kota Medan, proses pembelajaran dilaksanakan dengan  daring dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp dan Google Classroom. Pembelajaran dengan mengunakan sistem ini dirasakan tidak efektif sehingga berdampak pada tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran kurang. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dengan tujuan melatih guru-guru terkait model pembelajaran daring yang interaktif dan menyenangkan. Mitra PKM adalah Perguruan Islam Miftahul Husna dengan jumlah 21 orang tenaga guru. Metode pelaksanaan dengan Transfer of Knowledge and Technology dengan tahapan kegitan; 1) persiapan; 2) Pelaksanaan; dan (3) Evaluasi. Secara umum PKM dapat berjalan sesuai dengan schedule of activities dan terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran daring yang menarik dan interaktif. Kegian PKM ini sangat menarik dan dapat membantu guru dalam menerapkan pembelajaran daring yang menarik dan menyenangkan sehinga kedepannya perlu dilakukan dengan melibatkan guru-guru dari sekolah lain.

 Fun and Interactive Online Teaching Training at Miftahul Husna Islamic Academy

The Covid 19 pandemic requires educational institutions from elementary schools to universities in Indonesia to change teaching patterns from offline to online. The online learning process is also used in schools in the city of Medan, the learning process is carried out online using the  WhatsApp and Google Classroom applications. Learning by using this system is felt to be ineffective so it has an impact on the level of student understanding of the subject matter is lacking. This Community Cooperation Service (PKM) is carried out with the aim of training teachers for interactive and fun online learning models. PKM partners are Miftahul Husna Islamic College with 21 teachers. The implementation method is the Transfer of Knowledge and Technology with the activity stages; 1) preparation; 2) Implementation; and (3) Evaluation. In general, PKM can run according to the schedule of activities and there is an increase in knowledge and skills about planning and implementing interesting and interactive online learning. This PKM activity is very interesting and can help teachers implement interesting and fun online learning so that in the future it needs to be done by involving teachers from other schools.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R., Fadhilaturrahmi, F., & Hanafi, I. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1689–1694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1190

Anggraeni, A., Rachmijati, C., & Listia Apriliyanti, D. (2020). Penerapan Media Kuis Interaktif Kahoot Untuk Meningkatkan Speaking Skill Siswa di Desa Subang. Abdimas Siliwangi, 03(01), 351–360.

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172–186. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283

Dharma, U. S. (2018). Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018 , Desember 2018 http://usd.ac.id/snfkip2018 Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia. Pendidikan, 2, 171–180.

Licorish, S. A., George, J. L., Owen, H. E., & Daniel, B. (2017). “Go kahoot!” Enriching classroom engagement, motivation and learning experience with games. Proceedings of the 25th International Conference on Computers in Education, ICCE 2017 - Main Conference Proceedings, December, 755–764.

Manu, G. A., Enstein, J., Bangsa, U. C., Timur, N. T., Online, K., & Pembelajaran, M. (n.d.). PEMBUATAN KUIS ONLINE DENGAN.

Maulida, R., Tanjung, T., Puspitasari, T., Haryono, W., & Hardi, T. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot! Dalam Pembelajaran Matematika di SMP Daarul Quran Internasional Cipondoh Tangerang. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(2), 1–7.

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 0, 99–104.

N. Supriadi, D. Tazkiyah, Z. I. (2019). Pengajaran Menggunakan Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Mandarin Siswa Di Smp Nasional 3 Bahasa Putera Harapan. 187–194.

Sumiati, Hunaepi, Samsuri, T., Harisanti, B. M., & Afian, T. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Persepsi Mahasiswa. Reflection Journal, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.531

Yuniarti, F., & Rakhmawati, D. (2021). Studi Kasus: Game Digital “Kahoot” Dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 1(1), 46–59.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Sihotang, S. F., & Zuhri, Z. (2022). Pelatihan Pembelajaran Daring yang Interaktif dan Menyenangkan di Perguruan Islam Miftahul Husna . Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(1), 118–126. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i1.630

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.