Peningkatan Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Permainan Lompat Katak pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Muhamad Patahillah MZ Universitas Pendidikan Mandalika
  • Adi Suriatno Universitas Pendidikan Mandalika
  • Dilli Dwi Kuswoyo Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.36312/dpe.v2i1.1363

Keywords:

basic movement, squat style long jump, frog jump game

Abstract

Berdasarkan pengamatan pada siswa kelas VII SMPN 2 Kopang, diperoleh data bahwa kemampuan siswa kelas VII dalam pembelajaran lompat jauh, secara umum siswa memiliki kemampuan dengan kategori sedang dan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok menggunakan permainan lompat katak pada siswa kelas VII SMPN 2 Kopang. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri atas empat tahapan dalam tiap langkah (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi). Populasi yang digunakan adalah sebanyak 19 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan studi populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keaktifan siswa meningkat dari siklus I sampai siklus II 100%; (2) perkembangan gerak dasar lompat jauh pada komponen awalan ditemukan 95% siswa berkategori baik, 5% siswa bekategori cukup; (3) komponen tolakan ditemukan 95% siswa berkategori baik, 5% siswa berkategori cukup; dan (4) komponen mendarat ditemukan 89% siswa berkatergori baik, 11% siswa berkategori cukup. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran lompat jauh yang dilakukan dengan pendekatan permainan lompat katak dapat meningkatkan keaktifan dan gerak dasar lompat jauh siswa kelas VII SMPN 2 Kopang pada komponen awalan, tolakan, dan mendarat.

Improvement of Basic Squat-Style Long Jump Movement Learning through Frog Jump Game Among Junior High School Students

Abstract

Based on observations of seventh-grade students at SMPN 2 Kopang, it was determined that the overall abilities of the students in learning the long jump were categorized as moderate and low. The purpose of this study is to enhance the teaching of the basic technique of the squat-style long jump using the frog jump game among seventh-grade students at SMPN 2 Kopang. This research employs a Classroom Action Research (CAR) design, consisting of four stages within each cycle (planning, implementation, observation, and reflection). The population utilized comprised 19 students, and the sampling technique involved a population study. The research findings indicate that (1) student engagement increased from Cycle I to Cycle II to 100%; (2) development of the basic technique of the long jump in the take-off phase showed that 95% of students were categorized as proficient and 5% as satisfactory; (3) the push-off component revealed that 95% of students were categorized as proficient and 5% as satisfactory; and (4) the landing component demonstrated that 89% of students were categorized as proficient and 11% as satisfactory. Based on these results, it can be concluded that the long jump instruction conducted through the frog jump game approach can enhance student engagement and proficiency in the basic technique of the long jump among seventh-grade students at SMPN 2 Kopang in the take-off, push-off, and landing phases.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Bishop, P. A. (2017). Measurement and evaluation in physical activity applications: Exercise science, physical education, coaching, athletic training, and health. Routledge.

Burhanuddin, S. (2020). Penelitian tindakan kelas dalam bidang pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (H. Upu, Ed.). Global Research and Consulting Institute.

Dimyati. (2009). Urgensi penelitian tindakan kelas dalam konteks peningkatan profesionalitas guru penjas. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(2), 45–52.

Hayatunnufus, Q., Kusuma, L. S. W., & Sucipto, E. (2022). Metode bermain di lingkungan pantai sebagai upaya meningkatkan kemampuan lompat tinggi siswa sekolah menengah pertama. Discourse of Physical Education, 1(1), 14–25.

Kemendikbud Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37, Tahun 2018, tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kholis, N. (2020). Peningkatan pembelajaran lompat tinggi menggunakan metode bermain di lingkungan pasir siswa kelas VIII B SMP Negeri III Kutorejo. Jurnal Pedagogi, 1(2), 63–72.

Lengkana, A. S. (2016). Didaktik metodik pembelajaran (DMP) aktivitas atletik. CGR Printing.

Lengkana, A. S. (2018). Kontribusi belajar lompat katak dan engklek terhadap penampilan teknik lompat jauh gaya jongkok di sekolah dasar. Halam Olahraga Nusantara, 1(2), 149–159.

Mahardika, I. M. S. (2018). Perencanaan dan inovasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 1(1), 1–9.

Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga (1st ed.). Unesa University Press.

Ma’mun, A. (2019). Governmental roles in indonesian sport policy: From past to present. International Journal of the History of Sport, 36(4–5), 388–406.

Muliyani, S. E., Hulfian, L., Isyani, Primayanti, I., & Yundarwati, S. (2019). Pendampingan penyusunan karya tulis ilmiah penelitian tindakan kelas (PTK) dan open journal system (OJS) pada guru MGMP olahraga lombok timur. Abdi Masyarakat, 1(1), 1–5.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438.

Nurmasyitah, Suroto, & Indahwati, N. (2022). Peningkatan keterampilan guru pendidikan jasmani dalam menutup pembelajaran melalui tindakan pendampingan. Discourse of Physical Education, 1(1), 57–69.

Prabowo, E. M., Mintarto, E., & Nurkholis, N. (2022). Variasi dan kombinasi permainan gerak dasar atletik lompat dalam pembelajaran PJOK siswa sekolah dasar. Discourse of Physical Education, 1(1), 1–13.

Sarwono, J. (2018). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif (2nd ed.). Suluh Media.

Sobarna, A., & Hambali, S. (2020). Meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa SD memalui pembelajaran kids atletik. Premiere Educandum?: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 72.

St. John, L., Dudley, D., & Cairney, J. (2020). A longitudinal examination of enjoyment of physical education in children with developmental coordination disorder through a physical literacy lens. Prospects, 1–13.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Patahillah MZ, M., Suriatno, A., & Kuswoyo, D. D. (2023). Peningkatan Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Permainan Lompat Katak pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Discourse of Physical Education, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.36312/dpe.v2i1.1363

Issue

Section

Articles