Integrasi Permainan Tradisional Dalam Metode Pembelajaran Praktik untuk Meningkatkan Minat Belajar PJOK
DOI:
https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.487Keywords:
Permainan Tradisional, Minat Belajar, pembelajaran PJOK.Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar PJOK siswa dengan Integrasi Permainan Tradisional dalam pembelajaran praktik siswa kelas VI SDN 4 Selaparang Lombok Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan tahapan siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 4 Selaparang tahun 2021 yang berjumlah 10 orang dan terbagi atas 6 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi minat siswa. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Kondisi awal sebelum dilakukan PTK, siswa yang tuntas belajar lompat jauh hanya 2 siswa. Pada siklus I meningkat menjadi 6 siswa. Siklus II meningkat menjadi 9 siswa. Integrasi Permainan Tradisional memberi kontribusi yang signifikat terhadap peningkatan minat belajar PJOK siswa. Simpulan penelitian ini adalah dengan integrasi permainan tradisional dalam metode pembelajaran praktik dapat meningkatkan minat belajar PJOK siswa kelas VI SDN 4 Selaparang Lombok Timur Tahun Pembelajaran 2020/2021. Ketercapaian minat belajar siswa dari kondisi awal ke siklus I sebesar 40%. Dari siklus I ke siklus II sebesar 30%. Peningkatan minat belajar siswa secara keseluruhan dari kondisi awal ke siklus II sebesar 70%.
Integration of Traditional Games in Practical Learning Methods to Increase Interest in Learning PJOK
Abstract
The purpose of this classroom action research is to determine the increase in students' interest in learning PJOK with the Integration of Traditional Games in the practical learning of class VI students at SDN 4 Selaparang, East Lombok in the 2020/2021 academic year. This research method uses Classroom Action Research (CAR). This research was carried out in cycle stages consisting of planning, implementing actions, observing, and reflecting. The subjects of the research were the sixth-grade students of SDN 4 Selaparang in 2021, totaling 10 people and divided into 6 male students and 4 female students. Data collection techniques using student interest observation sheets. Data analysis uses descriptive techniques using percentage techniques to see trends that occur in learning activities. In the initial condition before the CAR was carried out, only 2 students had finished learning the long jump. In the first cycle increased to 6 students. Cycle II increased to 9 students. The integration of Traditional Games makes a significant contribution to increasing students' interest in learning PJOK. The conclusion of this study is that the integration of traditional games in practical learning methods can increase interest in learning PJOK for grade VI students at SDN 4 Selaparang, East Lombok, for the 2020/2021 academic year. The achievement of student interest in learning from the initial conditions to the first cycle is 40%. From the first cycle to the second cycle by 30%. The overall increase in students' interest in learning from the initial conditions to the second cycle was 70%.
Downloads
References
Ainley, Mary, Kylie Hillman, and Suzanne Hidi. 2002. “Gender and Interest Processes in Response to Literary Texts: Situational and Individual Interest.” Learning and Instruction 12(4):411–28. doi: 10.1016/S0959-4752(01)00008-1.
Anggara Effendi, Sasminta Christina Yuli Hartati. 2017. “Penerapan Permainan Tradisionalterhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Studi Pada Sdn Pelem Ii Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk).” Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan 6(1):45–49.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Bina Adiaksara dan PT Rineka Cipta.
Chen, So Chen, Stephen J. H. Yang, and Chia Chang Hsiao. 2016. “Exploring Student Perceptions, Learning Outcome and Gender Differences in a Flipped Mathematics Course.” British Journal of Educational Technology 47(6):1096–1112. doi: 10.1111/bjet.12278.
Flowerday, Terri, and Duane F. Shell. 2015. “Disentangling the Effects of Interest and Choice on Learning, Engagement, and Attitude.” Learning and Individual Differences (40):134–40. doi: 10.1016/j.lindif.2015.05.003.
Hanief, Yulingga Nanda, and Sugito Sugito. 2015. “Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional.” Jurnal SPORTIF?: Jurnal Penelitian Pembelajaran 1(1):60–73. doi: 10.29407/js_unpgri.v1i1.575.
Hariyanto, Didik, Muhammad Abror, Muhammad Yani, and Ferry Adhi Dharma. 2021. “Pembudayaan Permainan Tradisional Sebagai Wahana Belajar Luar Ruang Bagi Anak.” Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks 9(1):56–68. doi: 10.18196/berdikari.v9i1.9265.
Hikmah Prisia Yudiwinata, Prambudi Handoyo. 2014. “Permainan Tradisional Dalam Budaya Dan Perkembangan Anak.” Paradigma 2(3).
Jusmarita. 2018. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA Negeri 7 Banda Aceh Melalui Permainan Tradisional Makah-Makah.” Jurnal Serambi PTK 5(2):71–77.
Nurhasanah, Siti, and A. Sobandi. 2016. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1(1):128. doi: 10.17509/jpm.v1i1.3264.
Nurhayati, Iis. 2012. “Peran Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” Jurnal EMPOWERMENT 1(2):39–48. doi: https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i2p39-48.614.
Ramadhan, Muhammad Gilang, and Citra Resita. 2020. “Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kelas VIII DI MTS Al-Ahliyah.” COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga 12(2):104. doi: 10.26858/cjpko.v12i2.13591.
Royana, Ibnu Fatkhu. 2017. “Pelestarian Kebudayaan Nasional Melalui Permainan Tradisional Dalam Pendidikan Jasmani.” Pp. 483–93 in Strategi Kebudayaan dan Tantangan Ketahanan Nasional Kontemporer”. FPIPSKR Universitas PGRI Semarang.
Sahidun, Nurfitri. 2018. “Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional.” Journal of Early Childhood Care & Education JECCE 1(1):13–17. doi: https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.4.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Wang, Zhe, and Olusola Adesope. 2016. “Exploring the Effects of Seductive Details with the 4-Phase Model of Interest.” Learning and Motivation 55:65–77. doi: 10.1016/J.LMOT.2016.06.003.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Reflection Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.