Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Berdasarkan Gender dalam Penerapan Gamifikasi

Authors

  • Ratna Azizah Mashami Prodi Pendidikan Kimia, FPMIPA, IKIP Mataram, Jl. Pemuda No. 59A, Mataram, 83125

Keywords:

keterampilan berpikir kreatif, gender, gamifikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa berdasarkan gender dalam penerapan gamifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 16 mahasiswa terdiri dari delapan perempuan dan delapan laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi. Keterampilan berpikir kreatif diukur menggunakan indikator kelancaran (fluency), kelenturan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration). Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan mahasiswa laki-laki memiliki keterampilan berpikir kreatif lebih tinggi dibandingkan mahasiswa perempuan. Mahasiswa laki-laki menunjukkan kemampuan menghasilkan banyak ide (kelancaran) dan kemampuan menghasilkan ide yang bervariasi (kelenturan) lebih tinggi dibandingkan kemampuan mahasiswa perempuan. Kemampuan mahasiswa perempuan dalam menghasilkan ide yang baru (keaslian) tidak ada perbedaan dengan kemampuan mahasiswa laki-laki. Mahasiswa perempuan memiliki kemampuan mengembangkan atau menambahkan ide-ide sehingga dihasilkan ide yang rinci atau detail (elaborasi) lebih tinggi dibandingkan kemampuan mahasiswa laki-laki. Adapun di antara keseluruhan indikator keterampilan berpikir kreatif, indikator  keaslian mendapat skor paling rendah.

Downloads