Advance Organizer dan LMS Edmodo Sebagai Referensi Budaya E-Learning

Authors

  • Lila Pangestu Hadiningrum Prodi Hukum Keluarga Islam, IAIN Surakarta

Keywords:

Advance Organizer, LMS Edmodo Referensi Budaya, E-learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Advance Organizer dan LMS Edmodo, untuk mengetahui respon pembelajar  serta  untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Advadce Organizer dan LMS Edmodo sebagai budaya e-learning. Penelitian ini menggunakan penelitian Action Riset yang setiap siklus berisi empat langkah yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun dengan teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukan penngunaan advance organizer dan LMS Edmodo dapat meningkatkan kompetensi belajar dari segi kualitas dan penguasaan konsep dan dari kriteria keaktifan  pembelajar.  Penggunaan Advance Organizer dan LMS Edmodo yang di dalamnya terdapat kegiatan diskusi juga lebih disenangi pembelajar karena  pembelajar dapat bertukar pendapat, memahami konsep secara holistik dan mengeluarkan inspirasi secara bebas serta dapat belajar tidak tergantung pada pengajar. LMS Edmodo memiliki kelebihan fitur yang membantu pengajar dan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan pembelajar dan kendalanya bergantung dengan akses jaringan internet. Dalam pengorganisasian materi  dengan advance organizer diperlukan kesiapan pengajar dalam memasukan strategi-strategi kognitif agar lebih optimal.

References

Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network “Edmodo” dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK. Vol VI, No. 2.

David Hopkins. (2008). A Teacher’s Guide to Classroom Research. The McGHrow-Hill Companies. New York.USA

Hengki Wijaya, (2018) . Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi, cet. 1., Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. hlm. 54.

Joyce, Bruce & Marsha Weil with Emily Calhaoun Foreword by James M.Wolf. (2011). Models of Teaching. Sixth Edition. London: Prentice-Hall International, Inc.

Luvita Maymadya. (2017). Pengembangan Tutorial Edmodo Untuk Tenaga Pengajar. Jurnal Edcomtech Volume 2, Nomor 1, April 2017

Mills, Geoffrey. (2011). Action Research: A Guide for the Teacher Researcher. New Jersey: Prentice Hall.

Novi Mayasari dan Ali Noeruddin. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Advance Organizer Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Di Ikip Pgri Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 2 Nomor 2

Suharsimi Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media

Suriadhi, Gede. 2014. Pengembangan E-learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMPN 2 Singaraja. Journal Edutech. Vol. II No. 1.

Smaldino, Sharon E. (2013 June). Instructional Technology & Media for Learning; Teknologi Pembelajaran Dan Media Untuk Belajar. Edisi ke 9. Diterjemahkan oleh: Arif Rahman. SEAMOLEC Magazine. Jakarta: Kencana

Winkel, WS . (2016) Psikologi Pengajaran. Jakarta : PT Grasindo.

Downloads

Issue

Section

Articles